Breaking News

Layanan Vaksinasi di Rumah untuk Ibu Hamil

Layanan Vaksinasi di Rumah untuk Ibu Hamil - Vaksinasi dan imunisasi seringkali dianggap sama namun keduanya adalah jenis yang berbeda. Vaksinasi merupakan alat untuk merangsang kekebalan tubuh terhadap penyakit. Biasanya vaksin dibuat dari bibit penyakit yang telah di lemahnya sehingga ketika masuk dalam tubuh akan menghasilkan kekebalan tubuh dan tidak menyebabkan penyakit, dilakukan sebelum imunisasi dan pemberian vaksin melalui jarum suntik maupun mulut melalui layanan vaksinasi di rumah dari Aido. 

Sedangkan imunisasi merupakan cara dalam memperkuat imun tubuh dari virus, biasanya imunisasi akan mencegah terjadinya penularan virus dari satu orang ke orang lainnya. Vaksin diberikan untuk membentuk kekebalan tubuh dan imunisasi akan membuat kekebalan tubuh lebih kuat sehingga semakin kebal terhadap serangan penyakit.

 

Ibu hamil merupakan salah satu orang yang membutuhkan vaksin ketika sebelum hamil maupun selama kehamilan. Vaksin yang dilarang pada ibu hamil selama kehamilan adalah vaksin hepatitis A yang keamanannya belum teruji dan jika beresiko terpapar sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Vaksin measles, mumps, rubella atau MMR merupakan vaksin yang memberikan waktu selama satu bulan menunggu hingga akhirnya hamil karena jika hamil ibu biasanya tidak kebal pada rubella maka vaksin dapat diberikan setelah hamil. 

Untuk vaksin cacar air biasanya diberikan tidak selama hamil namun sebulan sebelum hamil. Vaksin polio yang diberikan dengan di suntik akan tidak aktif bila diberikan kepada ibu hamil kecuali bila ibu hamil memiliki resiko namun akan dipertimbangkan dengan IPV. Vaksin HPV tidak dianjurkan untuk ibu hamil namun jika masih sempat sebelum hamil dengan dosis vaksin yang dapat ditunda. Vaksin BCG yang memberikan perlindungan terhadap tuberkulosis namun tidak diberikan ketika hamil untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Berikut adalah vaksin untuk ibu hamil diantaranya:

 

  • Vaksin influenza karena influenza yang mudah berkembang dan menyebar ketika cuaca buruk, vaksin ini terbuat dari virus mati dan aman untuk kandungan, diberikan ketika memasuki awal kandungan dan memberikan kekebalan tubuh yang sempurna dalam membunuh virus ketika masuk dalam tubuh.
  • Meningococcal polysaccharide vaccine atau MCV4 yang berguna dalam melindungi kesehatan ibu bila terjadi penyakit radang selaput otak, kesehatan kehamilan akan lebih terjaga bila ada rencana perjalanan ke beberapa negara beresiko, biasanya diberikan ketika dinyatakan hamil untuk dapat memperhitungkan keuntungan yang diperoleh.

Selain itu dapat memberikan hepatitis B bila ibu hamil memiliki hepatitis B hingga persalinan karena infeksi akan menyebar ketika melahirkan. Oleh karena itu jika sudah terdeteksi maka lakukan konsultasi yang rutin dengan dokter dan vaksin ini aman namun sebaiknya mengetahui indikasi bila menderita penyakit hepatitis B. 

Vaksin diptheria, pertussis, tetanus atau DPT yang digunakan bila ibu hamil memiliki resiko terpapar batuk rejan dan pemberian vaksin bertujuan untuk menjaga kesehatan janin dan membentuk kekebalan tubuh menuju janin.

Efek samping dari pemberian ini biasanya kulit merah, nyeri hingga pembengkakan ringan pada area bekas suntikan dan demam ringan. Hal ini biasanya membuat tubuh tidak nyaman. Oleh karena itu dapat melakukan konsultasi dengan dokter bila terjadi reaksi pada tubuh setelah melakukan vaksinasi. Untuk layanan vaksinasi di rumah dapat menggunakan Aido Health. 

Aido menawarkan platform teknologi untuk memberikan kesehatan yang pintar dan memudahkan pasien dalam melakukan akses layanan kesehatan dengan kualitas yang terjamin. Selain itu layanan ini menawarkan harga tang terjangkau dan memberikan fasilitas lengkap untuk setiap pasien, dimana saja dan kapan saja dengan mudah.


No comments