Breaking News

Manfaat Vitamin D3 untuk Diet

Manfaat Vitamin D3 untuk Diet - Vitamin D3 adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak yang dapat diserap juga disimpan oleh tubuh. Vitamin D3 sangat penting untuk menjaga kandungan kalsium dalam tubuh dan mencegah penyerapan zat kimia yang berlebihan seperti hormon paratiroid.

Vitamin D3 dan Penurunan BB



Kekurangan vitamin D3 dapat mengancam kesehatan tubuh. Beberapa populasi yang sering mengalamai defisiensi atau kekuarang vitamin D3, antara lain orang-orang lansia, bayi yang disusui, orang-orang berkulit gelap, dan orang-orang yang tinggal di daerah dengan sinar matahari rendah.

Dan rupanya, orang-orang yang obesitas juga memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami kekurangan vitamin D3. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin D3 hingga 4000 IU dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Berikut manfaat vitamin D3 bagi penderita obesitas.

Mengatur lemak perut

Banyak peneliti yang menyatakan bahwa tingkat vitamin D3 yang rendah dapat menyebabkan obesitas. Penelitian di Universitas Minnesota menunjukkan bahwa kadar vitamin D3 yang rendah memerintah tubuh untuk menyimpan energi ekstra yang bertransformasi menjadi lemak. Selanjutnya, lemak-lemak itu terkumpul dan menumpuk di sekitar pinggang. Penelitian mengungkap bahwa kadar vitamin D3 sebanyak minimal 20 ng/mL dapat melawan penyimpanan lemak berlebih pada pinggang dan perut. Dengan vitamin D3, energi ekstra dalam tubuh (lemak) akan disalurkan melalui hati dan dibawa dengan aliran darah, sehingga penumpukan lemak bisa dihindari.

Sebagai antioksidan dan anti-peradangan

Vitamin D3 memengaruhi hampir semua gen yang ada pada organ tubuh. Vitamin ini membantu mengurangi stress dan melawan infeksi. Nutrisi pada vitamin D3 juga menghambat zat inflamasi agar tidak menempel pada dinding sel, sehingga stress dan peradangan bisa dihindari. Vitamin D3 juga dapat diubah menjadi bentuk hormonal aktif yang disebut sebagai kalsitriol. Hormon ini dapat memerbaiki sel, melawan oksidasi, dan meningkatkan umur panjang. Beberapa makanan yang penting untuk antioksidan dan anti-inflamasi, serta mengandung vitamin D3 yang baik untuk menurunkan berat badan adalah minyak olive, bayam, salmon, dan kacang walnut.

Meningkatkan massa otot dan kekuatan tulang

Selain menurunkan lemak perut, vitamin D3 juga memiliki implikasi penting untuk kesehatan muskuloskeletal. Penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa vitamin D3 yang dikombinasikan dengan olahraga dapat menurunkan kalori. Cara ini lebih efektif dibandingkan hanya olahraga saja tanpa memenuhi kebutuhan vitamin. Vitamin D3 juga dapat meningktakan massa otot (tanpa lemak) selama setahun. Pada pria, vitamin D3 dapat meningkatkan kadar hormon testoteron internal yang sangat baik untuk mendorong penurunan berat badan. Sebagai tambahan, vitamin D3 juga meningkatkan kualitas tidur dan memberikan ketenangan setelah seharian melakukan aktivitas fisik yang berat.

Menangkal Pertahanan Insulin

Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D3 dapat meningkatkan sekresi insulin. Nutrisi pada vitamin ini dapat mengatasi rasa lapar berlebihan, khususnya bagi penderita diabetes tipe 2. Selain itu, vitamin D3 juga menhasilkan hormon leptin, yaitu hormon yang memberi tahu tubuh bahwa perut sudah kenyang. Hormon leptin juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin terhadap makanan yang lebih sehat.

Mengonsumsi vitamin D3 sebagai teman diet merupakan pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan secara efektif. Selain itu, pendampingan olahraga juga sangat disarankan agar mencapai bentuk tubuh yang ideal. Kesimpulannya, vitamin D3 bukan hanya bermanfaat untuk tulang, tetapi dapat membantu proses penurunan berat badan secara sehat melalui sinar matahari, makanan-makanan bernutrisi, dan olahraga rutin.

No comments