Breaking News

Waktu Terbaik untuk Cek dan Konsultasi Masa Kehamilan

Waktu Terbaik untuk Cek dan Konsultasi Masa Kehamilan Pertama – Ketika  melihat hasil test-pack dengan garis dua, hal selanjutnya yang terpenting adalah melakukan pemeriksaan dan memastikan kehamilan pertama kali ke dokter spesialis kandungan. Perawatan prenatal ini penting juga dilakukan untuk memastikan bahwa keshatan dan calon bayi kamu baik-baik saja di setiap tahap-tahapan dan usia kehamilannya.

Kamu harus rutin memeriksa kandungan pada dokter atau bidan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Selain untuk memastikan kesehatan janin yang dikandung, juga bisa mengetahui kesehatan ibu saat masa-masa kehamilan. Sehingga, dapat mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan dan terjadi sesuatu pada ibu maupun janin selama masa kehamilan berjalan.


Kapan pemeriksaan kehamilan pertama kali dilakukan?

Namun bagi Kamu yang baru pertama kali hamil, pemeriksaan kehamilan pertama kali merupakan sebuah pengalaman baru. Nah, seorang spesialis kandungan asal Singapura, Dr. Anne Tan mengatakan bahwa jika perempuan yang sudah menikah, memiliki siklus menstruasi teratur dan mengalami keterlambatan jadwal, tentu itu tandanya Kamu perlu mencoba alat tes-pack kehamilan di rumah untuk memastikan apakah hasil test pack tersebut menunjukkan garis dua atau positif keterangnnya.

Apabila test pack menunjukkan hasil positif dan Anda tidak mengalami rasa sakit atau perdarahan, artinya Anda perlu melakukan pemeriksaan kehamilan pertama kali, paling cepat dua minggu setelah terlambat menstruasi.

Pilih Waktu Terbaik untuk Cek Kandungan

Pada saat berkunjung ke dokter kandungan atau bidan ada beberapa hal yang akan dilakukan, salah satunya adalah pemeriksaan USG atau ultrasonografi. Dengan melakukan USG, kamu akan diperlihatkan perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai dengan usia kehamilan yang dikandung.

Pada Masa Awal Kehamilan

Awal kehamilan merupakan waktu terbaik untuk ibu mengecek kandungan setelah mengetahui kehamilan melalui tes kehamilan di rumah. Dengan melakukan USG pada awal kehamilan, ibu bisa mengetahui usia kehamilan dan bagaimana posisi janin didalam kandungan. Biasanya, 8 sampai 12 minggu-an awal kehamilan merupakan waktu yang terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG dan pengecekan ke dokter kandungan atau bidan. Pada waktu awal kehamilan ini, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengecek kandungan selama sebulan sekali secara rutin jika ibu tidak memiliki keluhan apa pun terhadap kondisi kehamilannya.

Pada Saat Memasuki Trimester Kehamilan

Sebaiknya ibu hamil agar terus melakukan pengecekan kandungan pada dokter sesuai jadwal yang telah diberikan oleh dokter. Hal ini untuk mencegah masalah pada kehamilan suapaya dapat diselesaikan lebih awal. Dengan terus melakukan pengecekan kandungan pada masa kehamilan, kamu juga akan lebih mengetahui asupan asupan nutrisi dan gizi apa saja yang diperlukan oleh janin untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Begitu juga dengan asupan nutrisi dan gizi yang ibu butuhkan. Saat memasuki trimester yang baru, biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan USG kembali untuk melihat dan menjelaskan lebih detail mengenai pertumbuhan janin dan kondisi kehamilannya.

Menjelang Proses Kelahiran

Biasanya bidan atau dokter akan menyarankan untuk lebih sering mengecek kandungan saat usia kandungan sudah hampir memasuki hari kelahiran. Pada saat awal kehamilan, mungkin dokter hanya menganjurkan sebulan sekali pengecekan kandungan. Berbeda saat memasuki trimester ketiga, saat satu bulan menjelang persalinan biasanya dokter akan menyarankan untuk mengecek kandungan seminggu sekali. Hal ini menjadi kesempatan untuk memeriksa kondisi dan posisi janin, pemeriksaan mulut rahim ibu, pemeriksaan rongga panggul, dan juga perkiraan berat bayi saat akan dilahirkan..

Coba terapkan waktu pemeriksaan di atas jika seandainya kandungan telah memasuki usia trimester ketiga atau menjelang proses kelahiran. Sebaiknya secara aktif konsultasi dengan dokter, bisa tanya dokter kandungan untuk hal tersebut. Apalagi sekarang ini ada fasilitas konsultasi secara online lewat aplikasi Halodoc.

Sebagai referensi, coba kamu bisa memilih beberapa rumah sakit atau dokter kandungan spesialis di rs jih atau dapat memanfaatkan aplikasi Halodoc. Halodoc bias memberikan kemudahan bagi kamu dalam hal layanan kesehatan. Seperti layanan yang diberikan meliputi pembelian obat, tanya dokter, cari dokter maupun rumah sakit terdekat, dan sebagainya.

Demikian artikel ini yang bias penulis sampaikan dengan judul Waktu Terbaik untuk Cek dan Konsultasi Masa Kehamilan Pertama, semoga bias memberikan informasi yang bermanfaat adanya. Jangan lupa di share guys. :)

No comments