Breaking News

Pengobatan Hingga Perawatan Pasca Stroke Butuh Waktu Lama, Berikut Cara Mencegahnya!

Pengobatan Hingga Perawatan Pasca Stroke Butuh Waktu Lama, Berikut Cara Mencegahnya! - Ada banyak jenis penyakit berbahaya yang rentan menyerang orang di usia tua, diantaranya adalah jantung, penyakit diabetes melitus dan juga stroke. Bahkan kerap kali jenis penyakit semacam ini mengurangi atau menurunkan kualitas hidup penderitanya. Seperti diantaranya adalah stroke, mengingat hal ini disebabkan penderitanya memiliki keterbatasan di dalam bergerak dan melakukan berbagai macam hal.

Bahkan setelah serangan stroke pertama, nantinya harus dilakukan perawatan pasca stroke lanjutan agar penyembuhan bisa optimal. Hal ini tidak hanya membutuhkan waktu beberapa hari, melainkan dalam hitungan bulan sampai dengan tahun. Belum lagi ketika seseorang sudah terjangkit stroke, maka akan semakin mudah bagi mereka untuk terkena komplikasi atau gangguan kesehatan lain.

 

Sehingga penderita stroke ini harus mendapatkan perawatan secara intensif dari anggota keluarganya, harus dilakukan pendampingan secara terus menerus. Untuk itulah sebenarnya penting untuk melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin, dibandingkan dengan harus mengobatinya. Apalagi penyakit ini tak hanya dapat menyerang orang tua saja, melainkan juga anak muda.

Berikut ini diantaranya cara yang dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak sampai terserang stroke, yaitu:

1. Mengontrol berat badan.

Lakukan diet yang sehat untuk menjaga berat badan Anda tetap dalam batas ideal. Mengingat bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi faktor resiko kuat untuk terjangkit stroke dan berbagai macam penyakit berbahaya yang lainnya. Untuk itu maka tetap jasa berat badan Anda dalam batas ideal.

2. Menjaga pola makan

Pastikan bahwa Anda juga menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, tidak sembarangan di dalam mengonsumsi makanan. Batasi menu makanan yang terlalu asin dan juga berlemak. Karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang berdampak pada berkurangnya aliran darah menuju otak. Hipertensi juga dapat memicu terjadinya stroke. Batasi hanya 6 gram setara dengan 1 sendok teh garam setiap harinya.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga ini memang kunci jika Anda ingin hidup sehat dan mendapatkan penampilan terbaik. Karena dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ini, maka dapat membantu jantung bekerja secara normal untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Ia juga membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

4. Berhenti merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya mulai dikurangi atau jika perlu hentikan sekarang juga. Mengingat rokok ini memang dapat mempersempit pembuluh darah, membuat darah juga mudah menggumpal, sehingga tak hanya permasalah pada paru-paru saja, melainkan penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke sangat mungkin terjadi.

5. Menghindari minuman beralkohol

Alkohol ini memang tidak baik bagi tubuh, karena ia dapat memicu beragam masalah kesehatan. Minuman keras cenderung mengandung kalori yang jumlahnya tinggi. Jadi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan beragam kondisi kesehatan, membuat detak jantung tidak teratur sampai dengan resiko untuk terkena stroke yang mengintai Anda.

Lebih baik mencegah bukan daripada mengobati, selain biaya berobat yang mahal, maka nantinya Anda juga harus menganggu efek yang disebabkan tersebut. Sekarang ini juga banyak sekali perawatan pasca stroke dengan menggunakan layanan home care, sehingga nantinya petugas kesehatan yang akan datang ke rumah untuk memberikan pelayanan, seperti fisioterapi dan sejenisnya. selagi masih muda jaga baik-baik tubuh Anda, sehingga tidak menyesal di masa tua.

 

No comments